Menghitung siklus menstruasi

September 29, 2008 at 1:15 pm (Galz Talk)

Sebagai cewek kadang2 kita mengalami menstruasi yang tidak beraturan. Kadang awal bulan, kadang tengah bulan eh gak jarang nongol diakhir bulan. Sebenernya apa se menstruasi tu trus kok bisa gak tetap siklusnya tu kenapa lalu cara ngitung siklus menstruasi tu gimana y. Ni ada sedikit info yang q dapat dari http://www.menstruasi.com

Buat apa se sebenernya kita harus tahu siklus menstruasi kita ? Hal tersebut perlu diketahui agar kita lebih aware terhadap tubuh kita sendiri dan untuk tahu apakah datangnya tu telat/terlalu cepat karena stres ato kecapekan, selain itu untuk mempersiapkan diri terhadap datangnya PMS sehingga kita dapat mengatur ritme emosi kita. Dan dengan memperhitungkan kedatangannya khan kita dapat bawa “bekal” buat jaga2 biar bendera Jepang gak berkibar he…he…

Siklus menstruasi nggak sama pada setiap cewek. Meskipun rata-rata sekitar 28 hari, tapi ada juga yang 24 hari, 30 hari, atau bahkan 35 hari. Siklus yang nggak teratur itu biasa kok terjadi pada cewek yang baru saja mengalami menstruasi. Tubuh kita butuh waktu untuk melakukan penyesuaian pada kebiasaan baru. Jadi, bisa aja tuh siklus menstruasi kita adalah 28 hari selama 3 bulan, tapi tiba-tiba berubah pada bulan berikutnya, atau malah nggak menstruasi selama sebulan. Setelah beberapa tahun, siklus ini akan semakin teratur.

Siklus menstruasi seorang cewek dihitung mulai dari hari pertama menstruasi atau datang bulan, sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Jadi, kalau seorang cewek mengalami menstruasi pada tanggal 2 Mei, lalu yang berikutnya jatuh pada tanggal 31 Mei, maka siklus menstruasinya berlangsung selama 31 dikurangi 2, yaitu 29 hari. Jadi, biasakan untuk menandai kalender pada tiap hari pertama menstruasi, per bulannya.

Selama menstruasi, darah dan lapisan yang terbentuk pada dinding rahim mengalir keluar lewat vagina, ternasuk juga sel telur yang mati karena nggak dibuahi oleh sperma. Lama berlangsungnya menstruasi berbeda-beda pada tiap cewek. Ada yang hanya 2 atau 3 hari, atau ada yang sampai 8 hari. Selama masih di bawah 15 hari, masih normal kok. Banyaknya cairan yang terbuang juga berbeda dari satu cewek ke cewek lain. Meskipun kita suka shock melihat banyaknya darah yang keluar, tapi sebenarnya itu wajar dan nggak bakal bikin kita jadi anemia (kekurangan darah).

Tepat pada hari terakhir menstruasi, tubuh kita mulai melepaskan hormon yang memerintahkan rahim untuk menerima sel telur baru dari ovarium. Rahim pun menyiapkan diri dengan kembali menebalkan dindingnya dengan darah dan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel telur agar bisa berkembang. Proses ini berlangsung sampai dengan hari ke-14 (ingat, hari ke-1 adalah hari pertama menstruasi kita).

Tepat pada pertengahan siklus (kalau siklus kita 30 hari, berarti pada hari ke-15), dimulailah ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim melalui saluran yang namanya tuba fallopi. Selama beberapa hari (biasanya sampai hari ke-21), sel telur akan melakukan perjalanan menuju rahim, sambil menanti dibuahi oleh sperma. Saat inilah yang dikenal sebagai masa subur.

Nah, dengan tahu mengenai seluk beluk tentang menstruasi maka kita sebagai cewek seharusnya lebih aware dalam memaintain diri kita biar kita menjadi cewek yang sehat jasmani dan rohani. Moga berguna y infonya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: